JAM LAYANAN

   

DEALER/RESELLER WELCOME

   

PENGIRIMAN BARANG

08.00-17.00 WIB
Melayani Kerjasama berbagai pihak
Melayani Pengiriman ke seluruh Indonesia
Mencegah Ribbon Break Printer ID Card
Diposting oleh : www.aureajaya.com
Kamis, 02 Mei 2013 - 15:34:13 WIB - Dibaca: 2369 kali



Ketika Anda telah mendesain id card melalui software id card lalu dilanjutkan dengan cetak kartu pvc, tiba-tiba ribbonnya rusak atau macet atau putus sehingga printer berhenti mencetak. Kejadian ini dinamakan sebagai ribbon break yang terjadi pada printer berteknologi Direct to Card. Tentang teknologi printer id card silahkan klik: Teknologi Printer ID Card: Direct to Card vs Retransfer.

 

Rahasia Mencegah Ribbon Break Printer ID Card: Ribbon Macet, Rusak dan Putus

 

 

Secara normal proses mencetak kartu pvc dari awal hingga akhir adalah halus (smooth) dan lancar. Namun dikarenakan sesuatu hal maka terjadilah ribbon break. Pencegahannya sebagai berikut.

 

1. Jaga kebersihan printer dan lakukan kalibrasi
Lakukan cleaning printer id card secara teratur sesuai instruksi produsen. Cleaning kit terdiri dari perlengkapan yang membantu pencegahan terhadap kesalahan penarikan kartu, menjaga kebersihan kartu melalui roller yang bersih dan menjaga printhead bebas kotoran.

 

Setelah melakukan cleaning printer dan sebelum memasang ribbon, lakukan kalibrasi sensor ribbon. Tujuannya untuk mengatur ulang setting driver printernya.

 

2. Kembalilah ke setting driver default
Jika saat ini Anda menggunakan setting sendiri sehingga menyebabkan ribbon break, maka kembalikan setting drivernya di posisi awal atau default. Perubahan setting yang Anda lakukan bisa jadi meningkatkan suhu panas di printhead. Biasanya hal ini dilakukan oleh mereka yang menghendaki tampilan warna  lebih tebal, lebih gelap dan tajam.

 

3. Periksa desain id card Anda
Karena menggunakan printer berteknologi direct to card (cetak langsung) maka hindari mencetak yang sangat dekat dengan tepi kartu. Cek desain Anda untuk memastikan batas margin terhadap tepi kartu, jika perlu tambahlah jarak terhadap tepi kartunya. Namun jika Anda menggunakan printer id card berteknologi retransfer tidaklah masalah mencetak sampai ketepi kartu.

 

4. Jangan cetak pada permukaan kartu yang sama
Ingatlah bahwa Anda hanya bisa mencetak 1x saja untuk full color. Jika Anda nekat mencetak ulang permukaan kartu yang sama maka yang didapat bukanlah hasil yang bagus. Tindakan ini dapat menyebabkan ribbon menempel di kartunya dan kemungkinan akan terjadi ribbon break.

 

Ribbon yang putus sebenarnya bisa Anda sambung dan pakai kembali. Namun jangan sampai sambungan ini dipakai untuk mencetak. Caranya klik: “Cara Menyambung Ribbon Printer ID Card Yang Putus.”

 

Jika Rahasia Mencegah Ribbon Break Printer ID Card: Ribbon Macet, Rusak dan Putus bermanfaat silahkan bookmark dan share.

Tags this post: